Tips buat yang lagi ngerjain skripsi atau tugas akhir

Ditengah wabah COVID-19 dan jauh dari keluarga dan teman-teman, saya coba mencari kesibukan yang positif dan berharap tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Dari judul yang ada, tulisan ini khususnya ditujukan untuk para mahasiswa terutama bagi yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir, tapi tulisan ini juga bisa bermanfaat secara umum untuk semua orang yang tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk terhadap data yang dimiliki. Ya, hal itu adalah pentingnya backup management terhadap data yang anda miliki pada komputer anda. Sering kali saya menjumpai mahasiswa yang “apes” karena semua penelitian yang telah dikerjakan selama ini dengan berdarah-darah tiba-tiba hilang, entah itu tiba-tiba komputernya rusak, hilang atau kena virus. Udah nangis berhari-hari sampe air mata kering data juga ga balik, saya suka sedih melihat hal seperti itu.

Untuk itu saya coba berbagi tips, mungkin ini sebagian besar orang sudah tau, tapi mungkin beberapa tidak mengetahui pentingnya backup management pada data yang ada di komputer. Oke langsung saja, saya kasih beberapa tips agar sesuatu yang buruk tidak terjadi pada data anda, atau paling tidak meminimalisir terjadinya kehilangan data secara total. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan:

Lakukan Backup data secara berkala

Backup secara berkala ini bisa dilakukan dari cara yang paling mudah tanpa perlu setting apapun, yaitu selalu copy hasil pekerjaan anda kedalam storage selain yang ada di komputer anda, misalnya anda bisa menggunakan flashdisk atau melakukan backup pada media CD. Cara ini memang manual dan merupakan cara lama, tapi percayalah cara tersebut minimal bisa mencegah air mata anda menjadi kering gara-gara nangis 7 hari 7 malam karena kehilangan data

Auto backup

Saat ini sudah banyak aplikasi yang mendukung kita untuk melakukan autobackup seperti menggunakan google sync, atau mengaktifkan fitur time machine apabila anda adalah pengguna produk dari Apple. Dibandingkan cara sebelumnya, cara ini sangat efektif untuk anda yang suka lupa atau malas melakukan backup secara berkala, pada cara sebelumnya anda dituntut untuk selalu ingat untuk melakukan backup data. Dengan fitur auto backup dan dikombinasikan dengan cloud drive misal punya google drive, komputer anda akan melakukan backup dari data anda apabila anda sedang terhubung dengan internet. Apalagi beberapa kampus saat ini mendapatkan fasilitas Gsuite dari google dan kita bisa mendapatkan akses google drive unlimited, iya unlimited lebih dari 15GB euy. Namun sayangnya memang tidak semua kampus memberikan fitur unlimited google drive pada civitasnya dikarenakan ulah beberapa “oknum” yang menyalahgunakan fitur drive unlimited itu. Baru-baru ini aja, salah satu PTN besar di jawatimur terpaksa menghentikan layanan google drive untuk mahasiswa dikarenakan ulah “oknum” menyimpan file sampe lebih dari 8TB yang isinya film bajakan dan menyebabkan pihak kampus mendapatkan teguran dari google.

Sekian dulu tulisan dari saya hari ini, semoga bermanfaat. Dan pesan saya kepada anda semua, apabila dikasih fasilitas gratis, gunakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan secukupnya saja agar tidak merugikan pihak lain ya. (lee/TY-JP)

 

alioke Avatar

Liyana Parker

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.